Berita Terkini

Tips Memulai Bisnis Franchise Dengan Pinjaman Rekening Koran

Rabu, 28 Sep 2022 14:24

Saat ini sudah semakin banyak pelaku usaha yang terus-terusan bersaing dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi, diantaranya pengusaha yang merintis bisnis baru. Para pengusaha umumnya membangun bisnis yang bergerak di bidang makanan dan minuman yang katanya memiliki keuntungan lebih besar dengan modal yang relatif kecil. Namun banyak dari mereka yang tidak memiliki pengalaman berbisnis mengeluh kesulitan untuk mengurus bisnisnya, baik dari segi bisnis, teknis, sampai dengan perizinan. Solusi untuk mereka yang ingin memiliki bisnis namun masih merasa kesulitan dalam mengurusnya adalah dengan melakukan bisnis franchise.

Apa Itu Franchise

Franchise atau yang biasa disebut dengan waralaba merupakan bisnis yang tergolong mumpuni dan dapat dijalankan dengan modal minim. Dengan metode bisnis franchise ini Anda berhak atas merek dagang, bahan baku, dan juga produk yang ditawarkan dari bisnis yang sudah ada. Ketentuan dalam prosedur memasarkan produk dan juga hal lainya terdapat pada perjanjian yang telah disepakati dengan pemilik bisnis tersebut. Meskipun demikian, bisnis franchise juga memiliki peluang untung dan rugi yang sama dengan jenis usaha lainnya. Nah, bila Anda sudah tahu franchise jenis apa yang akan dijalankan, maka untuk langkah selanjutnya Anda harus mengetahui tips agar bisnis Anda sukses dan terkenal.

1. Menentukan Sistem Pemasaran

Franchise adalah suatu bisnis yang membutuhkan sistem pemasaran yang tepat. Ada baiknya melakukan uji coba terhadap sistem pemasaran, seperti menggunakan digital marketing atau brosur, sebelum benar-benar menjalankan bisnis franchise agar tidak terjadi kerugian di masa mendatang.

2. Menetapkan Rencana Bisnis

Sebelum menjalankan bisnis franchise sebaiknya tetapkan terlebih dahulu rencana bisnis Anda, termasuk soal anggaran keuangan. Dalam rencana bisnis wajib tertera angka riil dari biaya-biaya yang akan dikeluarkan. Oleh sebab itu, sebelum membuat rencana bisnis termasuk anggaran keuangan maka perlu dilakukan praktek langsung atau dengan konsultasi dengan rekan bisnis.

3. Melakukan Observasi Pasar

Franchise adalah bisnis yang menguntungkan meski banyak kompetitor. Jika sistem bisnis yang kita jalankan tidak disesuaikan dengan kondisi dan minat belanja masyarakat serta gampang berubah, tentu bisnis kita tidak akan laku di pasaran. Sebaiknya lakukanlah observasi untuk memantau, perbandingan bahkan evaluasi terhadap beberapa kompetitor di sekitar Anda.

Demikian penjelasan singkat mengenai franchise dan beberapa tips sukses menjalankannya. Untuk membangun serta mengembangkan bisnis franchise tentunya juga harus memperhatikan kemampuan dari segi modal. Bila Anda tertarik memulai bisnis franchise tetapi terkendala dalam permodalan, anda dapat memanfaatkan fasilitas pinjaman rekening koran dari PDaja.com. Fasilitas ini sangat mudah diajukan asalkan Anda memiliki income, tujuan kredit, dan jaminan yang dapat di agunkan. Yuk ajukan dan mulai bisnis franchise Anda segera.

PDaja.com adalah produk dari Bank Sahabat Sampoerna (https://www.banksampoerna.com/) dan Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati sebagai mitra (https://www.sahabat-ukm.com/)