Berita Terkini

Kesalahan Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak yang Harus Dihindari

Senin, 03 Okt 2022 11:05

Banyak yang bilang mengelola keuangan saat sudah berkeluarga itu gampang-gampang susah dan bisa jadi tantangan tersendiri bagi para orangtua. Sebelum menikah, Anda mungkin hanya memikirkan kondisi finansial untuk diri sendiri saja. Lain halnya ketika sudah berumah tangga, sebagai orangtua Anda perlu melakukan penyesuaian dalam perencanaan keuangan termasuk memikirkan kebutuhan untuk dana pendidikan anak.

Mempersiapkan dana pendidikan anak adalah salah satu hal penting mengingat biaya pendidikan setiap tahun semakin mahal. Meski biaya pendidikan setiap tahun makin mahal, orangtua tetap harus berusaha mempersiapkannya. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyiapkan dana pendidikan anak, namun Anda harus memahaminya lebih teliti agar tidak terjadi kesalahan. Berikut kesalahan yang umumnya dilakukan orang tua dalam mempersiapkan dana pendidikan anak:

1. Tidak Melakukan Survei

Kesalahan pertama yang sering dilakukan orangtua sebelum mempersiapkan dana pendidikan anak adalah tidak melakukan survei sekolah terlebih dahulu. Orangtua pada dasarnya beranggapan bahwa sang anak nantinya akan memiliki keputusannya sendiri, pada akhirnya orangtua jadi abai dan kesulitan membuat keputusan saat mendekati tahun ajaran sekolah. Sebagai orangtua, Anda harus ambil bagian dengan melakukan survei. Tak hanya mengetahui seperti apa kualitas sekolah anak, survei akan membantu Anda mengetahui secara pasti jumlah dana yang diperlukan dan durasi waktu agar dana tersebut terkumpul.

2. Kesulitan Menentukan Prioritas

Kekeliruan selanjutnya yang sering dilakukan orangtua adalah sulitnya menentukan prioritas terhadap kebutuhan keluarga. Banyaknya kebutuhan membuat orangtua terlalu fokus pada apa yang sering dihadapi, sehingga lupa bahwa mempersiapkan dana pendidikan anak merupakan sebuah prioritas. Semakin lama Anda mempersiapkan dana pendidikan anak, maka akan semakin sulit bagi Anda memenuhi kebutuhan anak saat tahun ajaran sekolah tiba. Untuk itu, kumpulkan dana secara rutin mulai dari sekarang agar Anda dapat memikirkan tujuan keuangan yang lain.

3. Tidak Melakukan Investasi

Layaknya membeli rumah, menyiapkan dana pendidikan adalah suatu bekal besar demi sang anak. Untuk mencapainya, menabung seringkali tak dapat mengejar kenaikan biaya pendidikan yang meningkat setiap tahunnya. Sayangnya, masih banyak orangtua yang belum memahami dunia investasi dan menerapkannya. Oleh karena itu, persiapkan dana pendidikan sebaik mungkin agar tidak tergerus inflasi. Simpanlah dana pendidikan kedalam instrumen investasi agar perencanaan keuangan Anda semakin baik.

Demikian penjelasan singkat mengenai kesalahan orangtua dalam mempersiapkan dana pendidikan anak. Semoga informasi ini dapat dijadikan  pembelajaran untuk menghindari kesalahan yang mungkin terjadi dikemudian hari. Bila Anda ingin memberikan pendidikan terbaik bagi anak tetapi memiliki kendala dalam hal biaya, Anda dapat mengajukan kredit multiguna dalam bentuk plafon rekening koran dari PDaja.com.

PDaja.com adalah produk dari Bank Sahabat Sampoerna (https://www.banksampoerna.com/) dan Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati sebagai mitra (https://www.sahabat-ukm.com/)