Berita Terkini

4 Tahap Persiapan Renovasi yang Aman Bagi Rumah

Jumat, 30 Sep 2022 09:00

Bagi Anda yang telah memiliki rumah sendiri, pasti setuju bahwa rumah memerlukan perawatan secara berkala agar kenyamanan penghuni dapat terjaga. Maka dari itu, renovasi rumah terkadang menjadi opsi bagi mereka yang ingin menambah rasa nyaman saat menghuni suatu rumah.

Ketika sedang menjalani renovasi rumah pasti ada saja hal yang membuat keterlambatan pada prosesnya. Salah satu penyebabnya adalah perencanaan yang kurang matang. Alhasil proyek harus berhenti, bangun ulang, atau terhambat masalah lain. Tersendatnya waktu merupakan hal yang sering dijumpai dalam proses renovasi rumah. Agar tidak terjebak dalam masalah dikemudian hari, Anda perlu mempersiapkan rencana renovasi secara runtut dan tuntas.

1. Melakukan Perencanaan Secara Matang

Melakukan perencanaan secara matang adalah awal dari segala sesuatu, termasuk menentukan biaya renovasi rumah. Agar memperoleh hasil yang diinginkan, Anda dapat berkonsultasi terlebih dahulu mengenai gambaran renovasi rumah kepada pihak-pihak yang ahli di bidangnya, seperti arsitek dan desainer interior.

2. Mengenal Bangunan Rumah Lebih Detail

Dengan mengenal lebih detail tentang rumah Anda, Anda akan mendapat gambaran yang lebih jelas apakah rumah Anda perlu direnovasi atau tidak. Anda juga dapat melihat bagian mana saja dari rumah Anda yang memang perlu direnovasi sehingga tidak perlu merombaknya secara keseluruhan. Hal ini akan sangat membantu Anda menyusun anggaran untuk biaya renovasi rumah.

3. Memastikan Jangka Waktu Renovasi Rumah

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah memastikan jangka waktu renovasi rumah. Dengan mengetahui jangka waktu yang dibutuhkan, Anda tidak perlu terburu-buru dalam melakukan proses renovasi rumah agar hasil yang diharapkan lebih maksimal dan sesuai rencana.

4. Mempersiapkan Anggaran

Setelah mendapatkan gambaran dan rencana yang cukup detail, maka langkah selanjutnya Anda dapat mulai menyusun anggaran biaya renovasi rumah. Jika Anda menggunakan jasa arsitek, desainer interior, atau kontraktor, biasanya rancangan anggaran renovasi rumah ini sudah termasuk ke dalam jasanya.

Demikian penjelasan singkat mengenai tahapan yang perlu Anda persiapkan sebelum melakukan renovasi rumah. Dari beberapa hal yang telah dijelaskan tadi, melakukan renovasi rumah tentunya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Bila Anda sangat berkeinginan melakukan renovasi rumah dan terkendala dalam hal biaya, Anda dapat mengajukan kredit multiguna dalam bentuk plafon rekening koran dari PDaja.com. Selain untuk kebutuhan renovasi, fasilitas ini juga bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan dekorasi. Yuk ajukan dan ciptakan kondisi nyaman di rumah Anda segera.

PDaja.com adalah produk dari Bank Sahabat Sampoerna (https://www.banksampoerna.com/) dan Koperasi Simpan Pinjam Sahabat Mitra Sejati sebagai mitra (https://www.sahabat-ukm.com/)